PLN dan USTDA Tekan Mou Konektivitas Energi, Ini Tujuannya

- Pewarta

Jumat, 8 Maret 2024 - 15:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BabeBogor.com – PT PLN (Persero) memperoleh hibah sekitar US$2 juta atau Rp31 miliar dari Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat atau The United States Trade and Development Agency (USTDA). Tercermin melalui agenda penandatangan Grant Agreement antara kedua pihak pada Rabu (6/3). Hibah tersebut, berupa studi kelayakan interkoneksi energi hijau lintas batas Indonesia-Malaysia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, kolaborasi dan kemitraan sangat penting untuk mengakselerasi transisi energi di Indonesia. Kolaborasi dengan USTDA ini pun, kata dia, sangat penting untuk memperkuat interkoneksi yang saling terhubung antarnegara ASEAN.

“Interkoneksi Sumatera-Semenanjung Malaysia dan Kalimantan-Sabah dianggap sebagai salah satu interkoneksi prioritas, mengingat dampaknya terhadap ketahanan energi regional dan percepatan upaya transisi energi,” ujar Darmawan.

Menurut Darmawan, kerja sama ini menjadi simbol kekuatan baru ASEAN yang sebelumnya terpecah-pecah, dan kini menjadi satu kesatuan. Mimpi ambisius ini, ungkapnya, hanya dapat dicapai melalui kolaborasi, seperti yang ditunjukkan dengan kemitraan PLN dan USTDA.

“Mimpi besar ASEAN Power Grid adalah bagaimana infrastruktur ini dapat membawa kesejahteraan bagi negara-negara di Asia Tenggara, meningkatkan ketahanan energi, dan di saat yang sama juga mendukung transisi ke energi yang lebih bersih. Mimpi ini hanya dapat diwujudkan melalui kolaborasi,” imbuhnya.

Darmawan menyadari proyek interkoneksi ini bukanlah perkara mudah, ada tantangan dari sisi kebijakan negara yang berbeda-beda, teknis, dan komersial, tantangan ini dapat diatasi apabila seluruh pihak bersatu.

Sementara itu, Direktur USTDA Enoh T. Ebong mengatakan, kolaborasi USTDA-PLN ini diharapkan menjadi fondasi interkoneksi yang memungkinkan negara-negara di Asia Tenggara dalam berbagi listrik antarnegara dan membantu menyeimbangkan antara pasokan dengan demand lokal.

Pihaknya melihat, infrastruktur listrik ini juga akan memfasilitasi pembagian sumber daya energi baru dan terbarukan (EBT) yang berperan penting dalam meningkatkan ketahanan energi masing-masing negara dan mendorong pertumbuhan.

Baca Juga :  Kajari Jaktim Berganti Tampuk Pimpinan, Jaksa Senior Donal Dwi Siswanto Berkesempatan Berikan Cendramata dan Ucapkan Hal Ini

“Kami hadir hari ini karena Indonesia dan Malaysia memiliki perekonomian yang dinamis dan berkembang pesat. Mungkin tidak ada investasi yang lebih penting dalam hal ini selain energi yang dapat diandalkan dan bersih. USTDA sangat senang dapat kembali bermitra dengan PLN,” ungkap Enoh.

Menurut dia, kemitraan dengan PLN memberikan peluang besar untuk memperluas pembangunan ekonomi di seluruh Indonesia dan Malaysia. Terutama untuk menghubungkan ekosistem energi di Asia Tenggara dengan industri Amerika Serikat.

“Pengembangan infrastruktur listrik antarnegara ini akan mendukung ambisi energi terbarukan dan memajukan ekonomi Indonesia dan Malaysia serta membawa manfaat bagi negara-negara anggota ASEAN,” tambah Enoh.

Selanjutnya, Duta Besar AS untuk ASEAN Yohannes Abraham mengapresiasi penandatanganan kerja sama pengembangan infrastruktur energi antara USTDA dan PLN tersebut. Dia mengatakan, pengembangan infrastruktur energi ini akan meningkatkan ketahanan energi dan memajukan transisi energi di ASEAN.

“Perjanjian antara USTDA dan PLN hari ini akan membantu mengembangkan interkoneksi tenaga listrik yang diperlukan untuk memperluas perdagangan listrik regional, memastikan pasokan energi yang lebih stabil dan menghadirkan lebih banyak EBT di wilayah tersebut,” pungkas Abraham.***

Berita Terkait

Erick Thohir Undang Para Legenda Sepakbola di HUT PSSI ke-94
Inilah Tempat Penukaran Tiket Laga Big Match Persib Bandung Vs Persebaya
Santuni Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa, Wido Yutrusno: Rangkaian Kegiatan HUT Media POV Indonesia
Dirut PLN Pimpin Kesiapan Keandalan Listrik Masa Lebaran 2024
Ragam Kegiatan Indocement Selama Bulan Ramadhan 1445 H, Yuk Baca Apa Saja
Pj Bupati Bogor Hadiri RUPS Tahunan Bank BJB di Bandung
Kunker ke Rutan Depok, Pujo Harinto: Untuk Memastikan Kondisi Aman dan Kondusif
PKL 4 Bulan di Rutan Depok, Pelajar Ini Sampaikan Ucapan Terimakasih

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 07:05 WIB

Sepasang Kekasih Ini Diamankan Sat Narkona Polres Bogor, AKP Nur Istiono: Penyalagunaan Narkoba dengan Modus Tempel

Selasa, 23 April 2024 - 18:06 WIB

POSSI Gelar Kejuaraan Selam Bogor Open 2024: Untuk Gali Potensi Atlet Masa Depan

Senin, 22 April 2024 - 17:42 WIB

Ini Dia Nama-nama Atlet Dayung Kabupaten Bogor yang Ikuti Pelatda Jabar 2024

Senin, 22 April 2024 - 11:44 WIB

Lakukan Penyuluhan ke SMPN 1 Bojonggede, Ketua PWI Kabupaten Bogor ajak Siswa Bijak Bermedsos

Minggu, 21 April 2024 - 16:42 WIB

Pilbup 2024, Kang Dechan Sangat Layak Masuk Bursa F1 dan F2 Kabupaten Bogor

Minggu, 21 April 2024 - 09:22 WIB

Stadion Mini Cibinong Tambah Kinclong Berkat Bantuan Dana CSR Bank BJB

Sabtu, 20 April 2024 - 18:59 WIB

Ketua KONI Kabupaten Bogor Pantau Latihan Tim Sepakbola, Ini Harapannya

Sabtu, 20 April 2024 - 18:40 WIB

Sekretaris DPC PPP Kabupaten Bogor Mengungkapkan Siap Menangkan Pilbup 2024

Berita Terbaru