Camat Cibinong Sukses Laksanakan Tarling Hari Pertama Tingkat Kabupaten Bogor

- Pewarta

Senin, 18 Maret 2024 - 21:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BabeBogor.com – Camat Cibinong, bersama Wakil Kepala Kepolisian Resor(Waka Polres) Bogor, Jawa Barat, melaksanakan Tarawih Keliling (Tarling) hari pertama (perdana) tingkat Kabupaten Bogor, bertempat di masjid Al-Muttaqien kampung Kaumpandak, RT 02 RW 13 Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, pada Senin (18/3/2024) malam.

Dalam sambutannya, Camat Cibinong, Kabupaten Bogor, Acep Sajidin mengatakan, jika pelaksanaan Tarling di masjid Al-Muttaqin diadakan yang perdana sebagai tempat ibadah mewakili kecamatan Cibinong.

Menurutnya, bahwa tarling tingkat Kabupaten Bogor ini digaungkan oleh pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

“Ini adalah kegiatan Tarling tingkat kabupaten Bogor yang pertama, dan ketua timnya adalah Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro,” ujar Camat Acep Sajidin, saat ditemui dilokasi.

Acep Sajidin menjelaskan, pelaksanaan Tarling di masjid kaumpandak Karadenan itu, dihadiri oleh seluruh Lurah se-Kecamatan Cibinong yang terdiri dari 13 pemangku kebijakan wilayah tersebut.

Adapun, tim tarling Kabupaten Bogor di anggotai oleh para pejabat tinggi di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) yang diantaranya, para Dirut dan wakil Dirut RSUD, Camat se-Kabupaten Bogor, dan para kades hingga lurah.

“Dalam kesempatan pada hari ini, kita Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cibinong, kami sebagai tuan rumah di Tarling pertama ini. Sehingga kita kumpul semua teruntuknya bagi forum muspika Cibinong termasuk para lurah serta tokoh masyarakat yang berada di sekitaran masjid Al-Muttaqin Karadenan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, penunjukkan masjid Al-Muttaqin untuk mewakili kecamatan Cibinong, dipilih bukan tanpa sebab. Dimana, masih kata Acep Sajidin, sarana ibadah bagi umat muslim itu dilihat belum sekali pun diikut sertakan dalam program bergengsi tingkat Kabupaten Bogor.

“Penunjukkan masjid Al-Muttaqin ini adalah saya sendiri yang menunjuknya sebagai Camat, kenapa saya pilih masjid ini karena dari sekian masjid yang ada dengan lokasi strategis, juga masjid Al-Muttaqin ini belum pernah sekali pun kita ikut seratakan di kegiatan seperti ini. Makanya saya pilih masjid Al-Muttaqin Karadenan sebagai masjid yang mewakili Kecamatan Cibinong di Tarling tingkat Kabupaten Bogor dihari pertama,” terangnya.

Baca Juga :  Kloter Pertama Jemaah Haji Kabupaten Bogor Berangkat ke Tanah Suci

“Dan kalau nggak salah juga, pelaksanaan Tarling tingkat Kabupaten Bogor pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah malam kedelapan ini, dilakukan serentak di lima kecamatan berbeda,” sambungnya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan baik di bulan suci Ramadhan tidak hanya dilakukan tingkat Bumi Tegar, melainkan juga akan dilakukan tingkat Kecamatan Cibinong yang diinisiasi dirinya selaku pemimpin di wilayah ibukota dari Kabupaten Bogor tersebut.

“Nanti selanjutnya, untuk Kecamatan Cibinong juga akan melakukan tarling tingkat Kecamatan yang diinisiatori saya sendiri selaku Camat Cibinong,” aku Acep Sajidin.

Dia juga menerangkan, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan itu bertujuan sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antara alim ulama dan Umaroh, maupun pertemuan antara masyarakat dengan para pejabat pemerintahannya hingga pihak kepolisian republik Indonesia yakni dari jajaran Polres Bogor.

“Dengan adanya Tarling ini, kan kita jadi bisa saling bertemu bahkan untuk kita saling bertemu antara kita di pemerintahan Kabupaten Bogor dengan warga masyarakatnya di momentum yang baik pada malam hari ini,” imbuhnya.

Masih ditempat sama, Waka Polres Bogor, Kompol Adhimas Sriyono Putra menyampaikan, bila tarawih keliling yang diprakarsai oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor itu, merupakan hal baik dan patut dicontoh oleh wilayah di pemerintahan didaerah manapun.

Baginya, jajaran Polres Bogor yang di amanahkan untuk ikutserta dalam program ramadhan 1445 Hijriah untuk pertama kalinya bertempat di masjid Al-Muttaqin Karadenan, merespone baik dan mengapresiasi atas amanah yang diberikan terhadap lembaga yang dinaunginya tersebut.

“Dari polres Bogor yang kebetulan diamanahkan untuk yang pertama kali dalam melaksanakan tarawih keliling di masjid Al-Muttaqin ini, alhamdulillah dengan suasana yang baik. Dan di kesempatan tarling perdana di masjid wilayah Kecamatan Cibinong, saya juga di dampingi oleh Pejabat Utama (PJU) dari Polres Bogor, Kapolsek Cibinong Kompol Waluyo, beserta Bhabinkamtibmas kelurahan Karadenan,” ungkap Kompol Adhimas.

Baca Juga :  Lurah Usup Ambil Formulir Cabup dan Cawabup ke Partai Demokrat: Mewakili Ibu Elly Yasin

Lebih lanjut pria angkatan STIK ke-64 tahun 2014 ini mengharapkan, dengan hadirnya anggota kepolisian Republik Indonesia di tengah-tengah masyarakat, warga masyarakat diharapkan bisa merasakan kehadiran polisi serta dapat menumbuhkan kepedulian dan kepercayaan warga masyarakat lebih jauh lagi terhadap sesama.

“Dengan kami hadir disini, masyarakat juga bisa merasakan kehadiran polisi, dan kita juga bisa menumbuhkan kepedulian masyarakat lebih jauh lagi terhadap sesama khususnya dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, ketua RT 02 RW 13 Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Suratno mengaku senang dan bangga atas terpilihnya masjid Al-Muttaqin di wilayah Rukun Tetangga yang ia pimpin, sebagai tempat ibadah yang mewakili kecamatan Cibinong di program Tarawih Keliling tingkat Kabupaten Bogor di bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

“Tentunya, saya selaku ketua RT sangat senang atas dipilihnya masjid kebanggan bagi warga RT 02 RW 13 Kelurahan Karadenan ini. Karena dari sekian yang ada di wilayah Kecamatan Cibinong khususnya, masjid kami ini lah yang ditunjukan oleh Camat Cibinong dalam melaksanakan tarling perdana yang digaungkan oleh pemerintah kabupaten Bogor,” pungkasnya.***

Berita Terkait

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Inginkan Pakansari Harus Jadi Episentrum Event Olahraga Nasional dan Internasional
Asmawa Tosepu Ajak Masyarakat Untuk Menjaga Keindahan Kawasan Puncak
RSUD Cibinong Luncurkan Tiga Inovasi, Yukie Meistisia: Untuk Wujudkan Layanan Kesehatan Paripurna
Masyarakat Kecamatan Cibinong Antusias Ikuti Lomba MTQ 2024 yang Dibuka Hari Ini
Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Menteri AHY Tandatangani Nota Kesepahaman Untuk Tujuan Ini
Dua Mafia Tanah di Provinsi Ini Kena Gebuk Kementerian ATR/Kepala BPN RI, Ini Faktanya
Asnan AP: Pembangunan Gedung Gymnasium dan Kolam Aquatik Masuk Skala Prioritas Dispora
Melalui One Map Policy Summit 2024, Menteri ATR/Kepala BPN Sampaikan Laporan Kebijakan Satu Peta

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:39 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Inginkan Pakansari Harus Jadi Episentrum Event Olahraga Nasional dan Internasional

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:52 WIB

Asmawa Tosepu Ajak Masyarakat Untuk Menjaga Keindahan Kawasan Puncak

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:30 WIB

Masyarakat Kecamatan Cibinong Antusias Ikuti Lomba MTQ 2024 yang Dibuka Hari Ini

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:30 WIB

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Menteri AHY Tandatangani Nota Kesepahaman Untuk Tujuan Ini

Selasa, 16 Juli 2024 - 18:43 WIB

Dua Mafia Tanah di Provinsi Ini Kena Gebuk Kementerian ATR/Kepala BPN RI, Ini Faktanya

Senin, 15 Juli 2024 - 21:47 WIB

Asnan AP: Pembangunan Gedung Gymnasium dan Kolam Aquatik Masuk Skala Prioritas Dispora

Jumat, 12 Juli 2024 - 16:50 WIB

Melalui One Map Policy Summit 2024, Menteri ATR/Kepala BPN Sampaikan Laporan Kebijakan Satu Peta

Kamis, 11 Juli 2024 - 16:44 WIB

Tanoto Foundation Kunjungi Kementerian ATR/BPN RI dengan Tujuan Ini

Berita Terbaru